Rabu, 03 September 2014

#throwback: Hari-hari Menjelang Pernikahan

Bismillah...
semoga kebiasaan buruk lupa username dan password tidak berulang lagi hihi, karena sebenernya udah punya blog baru tapi lupa segalanya.

Berhubung sekarang ceritanya lagi jadi ibu rumah tangga -lagi belum mau berkegiatan- dan lumayan banyak waktu ruang, jadi ditulislah #sekelumitcerita tentang hari-hari menjelang pernikahan.

Alhamdulillah Sabtu, 9 Agustus 2014 kemarin menikah dengan kekasih hati. Saya pikir dari H-7 udah terasa deg-degannya, ternyata belum. Saat itu saya sampai khawatir ada yang salah dengan diri saya, ternyata pas nanya ke temen-temen yang udah nikah pada baru deg-degan H-1 hihi.. dan jeng jeng jeng jeng, bener aja H-1 rasanya semua jadi satu, khawatir A B C D, sampai Z. Biasanya kalau pusing si saya ini nangis, tapi Alhamdulillah kemarin engga karena saat itu ortu dan calon suami supporting banget ^^. Beberapa kekhawatiran yang berseliweran di kepala saya adalaaaah :

1) KUA
Ini poin penting nikah nih. AKAD-nya. Pernikahan yang diakui sama negara kan harus diurus tuh di KUA, suami minta bantuan ke orang kepercayaan di kompleknya buat ngurus hal-hal terkait KUA, kalau saya awalnya mau urus sendiri (ibu sih yang wara-wiri), pas sampai di RW kata pak RW mau dibantuin. Ibu saya ga enak mau nolak akhirnya diiyain. Katanya biayanya 700rb, yowis ibu saya bayar. Itu kira-kira bulan Mei.

Satu bulan menjelang pernikahan saya minta ibu tanya progres ke pak RW, kata pak RW tenang aja, jadilah kami nyantai. Begitu tech meet sama WO ditanyain siapa penghulu sedangkan kami belum punya data, mulai dag dig dug tuh, jadi nanya pak RW, kata pak RW belum ada surat tugas, surat tugas penghulu H-7. Baiklaaah.. (pura-pura tenang). Begitu H-7 pak RW ga ngasih kejelasan, takut dooong.. Gmana coba kalo sampe ga ada penghulu? Akhirnya saya minta nomer petugas KUA ke sahabat saya (yang se-kecamatan) dan nikah sebelum saya. Begitu dapet langsung deh kontak, katanya belum ada penugasan tapi berkas udah masuk. Rasanya pengen nangis pas tau belum jelas siapa penghulunya, tapi bersyukur juga karena berkas udah masuk.

Setelah menunggu, H-4 orang KUA datang ke rumah. Saya diminta mengecek data, menulis "contekan" ijab kabul, dan diberi tahu penghulu untuk pernikahan saya. Petugas KUA-nya bilang pak RW malah lagi pergi dan ga bisa dihubungin. Bersyukur banget saya ngehubungin KUA secara mandiri hehe. Setelah petugas KUA dateng rasanya plong hihi (Alhamdulillah bakal jadi nikah *gitu kali ya perasaannya waktu itu).
Tips:

  • Siapkan berkas jauh-jauh hari. Minta calon pengantin pria mengurus lebih dulu, karena berkas calon pengantin pria harus disertakan pas ngurus berkas di tempat calon pengantin wanita.
  • Kemarin sih berkasnya : KTP, KK, surat penyataan masih gadis/perjaka, foto berwarna. Tambahannya akte sama ijazah terutama yang di KTP salah penulisan nama kaya saya. Calon pengantin pria bikin surat numpang nikah.
  • Kalau mau urus sendiri lebih bagus, lebih kerasa gregetnya. Kalau mau minta bantuan, pastikan orang yang dimintai bantuan bertanggung jawab dan jangan malu-malu nanya progresnya. 
  • Tanya ke tetangga yang sebelumnya nikahan juga prosesnya gimana, nmer petugas KUA, dsb.
  • Kalau calon suami ga mau baca sighat taklik, jangan lupa bilang sama KUA ya, biar pas akad ga kode-kodean.
  • Pas hari H, minta orang kepercayaan misalnya adik untuk nge-LO petugas KUA, sms dari pagi supaya ga telat.


2) Makanan pas resepsi
Jumlah undangan pernikahan kami kemarin 600 undangan, pesen porsinya 1500. Sebetulnya seharusnya ga usah khawatir lagi sih, soalnya kan menurut hitungan 600x2 cuma 1200 jadi ada lebih 300 porsi, tapiiii selain undangan cetak kami juga mengundang teman-teman via FB, line, WA, BBM, yang kalo diabsen bisa sampe 500 orang jadilah dag dig dug. Alhamdulillah makanan ternyata cukup malah sangat berlebih, sampai bisa bagi-bagi se-RT :p. Stall-nya aja sih yang cepet ludes hehe.
Tips: 
  • Hitung kasar jumlah tamu undangan, keluarga, dan teman yang kira-kira akan hadir. Kemarin sih untuk temen prediksi meleset hehe, yang dateng lebih sedikit dari prediksi. Dari pihak saya,temen SD yang diprediksi sekitar 15-an kayaknyayang dateng bisa dihitung pakai jari, temen SMP juga ga sampai 20, temen SMA lumayan banyak diatas 30. Nah temen kuliah saya yang super, bisa 60an, temen kerja juga ga banyak. Dari pihak suami temen SD dan SMP ga ada deh kayaknya (sedih yaaa), maklum dulu sekolahnya di Cianjur jadi jauh ke Bandungnya kali ya, temen SMA ga diitung lagi da kami satu SMA, temen kuliahnya ga begitu banyak yang dateng, soalnya udah dilempar ke seluruh nusantara.
  • Pilih catering yang ngasih porsi dan stall-nya banyak. Pernikahan kami kemarin buffet makanan 100% (jadi kalo pesen 1000 porsi, dibuatinnya ya 1000) dan stall 50% (jadi si bakso tahu ada 500 porsi, zupa ada 500 porsi, dsb). Hati-hati, kadang ada catering yang terlihat murah, tapi ternyata buffetnya cuma 60% dan stall 40%. Jangan lupa food testing juga di event yang diselenggarain vendor catering.
  • Bicarakan prosedur/ planning kalau buffet habis dengan vendor. Kan ga enak ya kalo makanan habis-habisan banget ketikan tamu masih banyak. Kalau di vendor kemarin ada manajemen pengeluaran menu lauk pauk sama ada "masak nasi dadakan" kalau bener-bener butuh banget.


3) Penginapan keluarga
Berhubung keluarga besar saya nun jauh dari Wonosobo dan Purbalingga yang waktu tempuh untuk sampai Bandung bisa sampai 9 jam, jadi harus menyiapkan penginapan keluarga buat istirahat dan mandi. Kemarin saya pakai penginapan bentuknya rumah dengan 9 kamar dan 1 ruang utama yang bisa digelarin karpet dan kasur, dapur, serta kamar mandi yang jumlahnya 4 kalo ga salah. Tempatnya di Villa BHO deket Sekolah Terpadu Krida Nusantara. Rate-nya 900ribu/ malam serumaheun. Nah, kemarin itu khawatir banget ga cukup, karena tetiba keluarga yang hadir buanyaak. Alhamdulillah di rumah itu ketampung sampai sekitar 50 orang.
Tips: 
  • Budget untuk penginapan bisa agak lumayan kalau berasal dari keluarga besar dan ga punya sodara di lokasi nikah. Jadi persiapkan dana dengan baik dari awal.
  • Kalau keluarga tipe semedulur alias suka kongkow dan ngobrol, pilih yang bentuk rumah atau villa supaya lebih nyaman dan biasanya lebih murah.
  • Pastikan jumlah keluarga yang hadir maksimal H-3 jadi kalau kira-kira penginapan ga cukup bisa cari penginapan tambahan.
  • Pilih perwakilan keluarga atau tetangga yang bisa nunjukin jalan ke penginapandan jadi koordinator akomodasi, karena calon pengantin dan keluarga inti bakal sibuk banget nerima tamu pas malem h-1. Biasanya tamunya pada dateng karena besoknya ga bisa dateng.
  • Jangan lupa sediakan makan untuk keluarga. Kalau kemarin sih disediakan makannya untuk Jumat malem (pesen catering) dan Sabtu pagi (pesen di penginapan), jangan sampai keluarg dan saudara yang udah jauh-jauh dateng kelaparan.

4) Kondisi Fisik
Kondisi fisik calon pengantin harus dijaga supaya tetep fit. Katanya sih ada yang jadi males makan, nah kalau saya kemarin malah banyak makan :p Alhamdulillah kemarin sehat.

Kuncinya : makan cukup, minum banyak, istirahat cukup. H-1 tuh biasanya butuh tenaga ekstra, terutama kalo yang di hari itu pengajian, siraman, dsb. Malemnya biasanya banyak tamu, pengalaman kemarin sih tamu keluarga dan tamu yang ga bisa dateng pas acara silih berganti dateng sampe jam 10. Sebagai calon pengantin yang baik kan tetep harus nemuin yaa hihi, tapi jangan lupa tidur supaya besoknya ga pusing. 
Pas hari-H jangan males sarapan! Lebih tepatnya sahur sih, da makannya sebelum make-up jam 1/2 5 pagi hihi. Habis akad juga jangan males makan, minta disuapin suami juga boleh (pengalaman hahahaa). Pas di pelaminan sih saya dan suami ga pengen makan sama sekali, mungkin ga kepikiran dan karena pake korset, pas korset dibuka mendadak laper. Nah pas dipelaminan, minta air minum dianter ke pelaminan, karena menjawab "terima kasih" dan "aamiin" cukup bikin tenggorokan kering.

5) Make-up
Namanya mau jadi ratu sehari, ada terselip keinginan untuk cantik di hari itu, jadi khawatir make-upnya ga oke. Alhamdulillah kemarin make-upnya enakeun ga berat di muka, ga gatel, dan ga bikin iritasi. Nah ada beberapa hal yang sempet bikin dag dig dug. Pertama takut dirias MUA laki-laki karena WO yang kami pakai bukan WO khusus pernikahan muslim. Kedua takut periasnya nyukur alis. Ketiga takut bleberan karena saya super duper cengeng. Alhamdulillah kekhawatiran itu terhapuskan karena WO (yang sekaligus vendor rias) baik banget. Bonusnya Alhamdulillah banyak yang biang saya cantik (hidung terbaaang). 
Tips :
  • Kalau bisa lakukan test make-up.
  • Diskusi sama vendor, bilang maunya dirias perempuan dan ga ada acara kerok alis.
Rasanya jadi calon pengantin tuh asyik, hehe.. Harus dinikmatin, karena insyaAllah sekali seumur hidup. Inti dari semuanya adalah persiapkan sebaik mungkin dan serahkan sama Allah. InsyaAllah semua lancar. Calon pengantin harus tetap happy....


5 komentar:

  1. keren bgt infonya...klo boleh tau WO nya apa ya mbak? boleh minta kontaknya ga?makasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf ya teh komennya baru kebaca dan terbalas. Mungkin udah kelewat lama yaa.. Siapa tau masih ada yang butuh yaa saya pakai SA Wedding Jl. Cijawura Girang III no. 28, kontaknya kebetulan hilang karena HP rusak..

      Hapus
  2. waaahhh denger ceritanya jadi ikut deg deg an hehe.. soalnya saya juga sebulan lagi mau merit sis :)
    selamat yaa semoga samawa :)
    salam kenal

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga yaa. Maaf br dibalas.. Sudah menikah kan berarti hihi.. Semoga samawa juga yaa..

      Hapus
  3. Make your beautiful wedding memories with HIS Graha Elnusa . Get best Deal NOW!!! Cuma DP 5jt buat lock tanggal, harga dan promonyaa Paket pernikahan terlengkap sudah termasuk Gedung, Catering, Dekorasi, Rias & Busana/Bridal, Photography, Entertainment, MC, Wedding Car, WO & Wedding Consultant yang akan membantu acara pernikahan anda! For more info: 08990722880 - Sasa

    BalasHapus