Kamis, 04 September 2014

Belanja Seserahan : Surga Buat Calon Pengantin Wanita

#throwback-nya berantakan (hiks), gapapa ya..

Budaya Indonesia tampaknya memberikan "keuntungan" untuk calon pengantin wanita (CPW). Di Indonesia, ada kebiasaan pemberian seserahan sebagai kasih sayang dari calon pengantin pria (CPP) dan keluarga kepada CPW. Perempuan mana yang ga suka diberi hadiah?

Ada beberapa cara nih untuk pembelanjaan seserahan. Ini berdasarkan pengalaman dan pantauan saya terhadap teman-teman ya, diantaranya:

1. Budget dan list barang seserahan ditentukan pihak CPP, yang belanja juga pihak CPP.
Ada yang pakai tipe ini, ga bikin CPW repot, pihak CPP yang repot hehe. Jadi semacam surprise gitu buat CPW-nya. Bisanya CPP mendelegasikan kakak perempuan atau saudara perempuan buat belanja belanji. Cuma kekurangannya bisa jadi barangnya ga cocok sama CPW. Kalau mau pakai cara ini, pastikan tau ukuran baju, sepatu dsb dari CPW dan tau apa yang disukai dan tidak disukai. Zaman sekarang kan udah canggih, bisa lah di-BBM, WA, line-in dulu supaya CPW bisa liat calon barang yang akan dibeli.

2. Budget dan list barang seserahan ditentukan pihak CPP, tapi yang belanja CPW.
Cara ini menurut saya paling enak baik buat CPP maupun CPW. CPW bisa bebas memilih barang yang sesuai dengan keinginan dan budget yang sudah ditentukan, sedangkan CPP ga perlu repot. Ini surga banget buat CPW, hehe... soalnya bisa memanjakan mata *_*

3. Budget dan list barang seserahan tidak ditentukan CPP, yang belanja CPW.
Ini cara yang ditempuh saya kemarin. Sebetulnya ini surgaaaaa banget, bebas milih dan ga ada batasan budget. Tapi justru karena ga ada batasan sebagian orang jadi suka bingung. Kaya saya kemarin tiap belanja mikir "ini kemahalan ga ya?" atau "ini kemurahan ga ya?". Ga ada budget bukan berarti jadi belanja bablas tanpa batas loh ya, tetap harus memperhatikan kondisi keuangan CPP. Cara ini menguji kelihaian kita mengelola uang juga. Bisa jadi ini tuh ujian pertama dari CPP loh tentang gaya belanja kita hihi..

4. Budget dan list barang seserahan ditentukan pihak CPW, yang belanja pihak CPP.
Kalau pakai cara ini CPW bisa nih menyesuaikan apa yang diinginkan, bisa nulisin juga ukuran-ukurannya di list supaya sesuai dengan keinginan. Tapi asa ngerepotin pihak CPP ya..hehe

Mau yang manapun caranya, diskusikan sama CPP ya, jangan sampai berselisih :) 

Tips belanja seserahan:
1) Dari list yang udah dibuat, jabarkan lagi apa yang kita butuhkan dan inginkan. Misalnya warna, ukuran, merek, dsb. Jangan lupa buat check list supaya ga kebeli dua kali.
2) Lokasi pembelian bisa di pusat perbelanjaan kaya Pasar Baru, ITC, dsb. atau di mall. Sesuaikan dengan budget.
3) Belanja mulai dari pagi dalam keadaan kenyang. Supaya nyaman, enakeun, ga pusing,dan ga banyak jajan.
4) Belanja bersama ibu, saudara perempuan baik saudara kita atau saudara CPP. Belanja sama CPP bagi sebagian CPW malah bikin stress soalnya lelaki ga suka keliling terlalu lama, udah gitu kalau dimintain pendapat suka "terserah" aja jawabannya. Memicu perselisihan :p.
5) Manfaatkan sale dan kartu anggota di pusat perbelanjaan ;)
6) Belanjanya ga perlu sehari jadi, karena kalo dipaksakan bisi olab. 

Ini contoh list seserahan saya kemarin:
1. Paket 1 : Baju semi formal, sepatu, tas, jilbab.
2. Paket 2 : Baju formal untuk kondangan (kebaya dan kain bawahan), selop, tas, jilbab.
3. Paket make-up 
4. Bed cover
5. Handuk besar
6. Handuk kecil
7. Baju tidur
8. Mukena dan sajadah
9. Sandal
10. Kaos kaki
11. Baju dalam
Kalau kata WO yang merangkai dan menghias kotak seserahan ada juga yang memasukkan Al-Qur'an, kemarin sih saya engga.

Saya kemarin pakai jasa WO, dapet bonus hias kotak seserahan. Setelah belanja, barang-barangnya dikirim tuh ke CPP, dicek sama ibu CPP udah cukup atau belum, setelah itu CPP menyerahkan ke WO untuk ditata dan dihias. Foto nanti diunggah deh, ada di laptop di Bandung. Semoga bermanfaat..


1 komentar: